Tuesday, May 29, 2012

Mengenal Gammu SMS Gateway

Apa itu Gammu?
Gammu adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola berbagai fungsi pada handphone, modem dan perangkat sejenis lainnya.

Fungsi-fungsi yang dapat dikelola Gammu antara lain adalah fungsi nomor kontak (phonebook) dan fungsi SMS. Namun, untuk aplikasi yang akan saya coba ulas di artikel ini akan lebih banyak menggunakan fungsi SMS dari Gammu.

Keunggulan Gammu
Kelebihan Gammu dibandingkan tool SMS Gateway lainnya adalah:
  • Gammu bisa dijalankan Windows ataupun Linux. (Like This !)
  • Banyak device yang compatible dengan Gammu.
  • Gammu menggunakan database MySQL
  • Baik kabel data USB maupun serial, semuanya kompatibel dengan Gammu.
  • Gammu adalah aplikasi open source yang dapat dipakai secara gratis.
  • Gammu tidak memerlukan banyak hardware (hanya memerlukan PC dan Modem), sehingga memudahkan dalam mengembangkan aplikasi dengan terjangkau.
Manfaat Gammu SMS Gateway
Mungkin Anda bertanya-tanya, apa manfaat SMS Gateway dalam kehidupan kita sehari-hari? Ada banyak :) Gammu SMS Gateway akan sangat memudahkan kita untuk mengirimkan SMS dalam jumlah yang banyak melalui komputer. Contoh aplikasi yang sudah pernah saya buat adalah BOOM SMS ! (SMS masal), Aplikasi Sistem Nilai Sekolah, SMS Polling, SMS Auto Reply (Auto Responder), SMS on Demand, SMS Scheduler, dan masih banyak lagi.

Mendownload Gammu SMS Gateway
Anda dapat mendownload Gammu SMS Gateway di http://sourceforge.net/projects/gammu/
Tulisan berikutnya saya akan memberikan script dengan bahasa pemrograman Java (Desktop) dan PHP dan Anda dapat mengembangkan sendiri sccript yang akan saya berikan nanti. Terima kasih

Post a Comment