Tuesday, May 8, 2012

Pengertian Virus Komputer

Virus merupakan sebuah program yang dapat menginfeksi program lain dengan cara memodifikasi program tersebut untuk memasukkan sedikit (kode) penggandaan diri virus tersebut. Sebenarnya, sebuah virus sama seperti sebuah program biasa, sehingga virus tersebut akan aktif jika program virus tersebut dieksekusi. hal ini berbeda dengan worm yang bisa aktif secara otomatis walau sebenarnya virus sama saja dengan program biasa lainnya, terdapat perbedaan yang mendasar antara virus dan program biasa yaitu bahwa virus dibuat untuk menginfeksi dan menulari program-program lainnya, memodifikasi, mengubah dan mamanipulasi program tersebut, bahkan sampai merusaknya.

Mengenal Virus
  • Virus komputer hanya menyerang bagian software dari komputer seerti OS atau operating system, file data, software aplikasi, email dsb. Tapi kabar gembiranya adalah virus hampir tidak dapat menyebabkan kerusakan pada hardware komputer kita.
  • virus komputer menginfeksi komputer kita dan menyebarkan dirinya dengan berbagai macam metode. Beberapa virus menyebarkan dirinya dengan menyusup ke installer program-program populer dan game-game terkenal. Ada pula yang mengelabui pengguna komputer dengan mengunakan nama dan ikon yang menarik serta menggoda. media penyebarannya pun berbeda-beda, bisa lewat email, flashdisk, installer dll. Jika user berhasil dikelabuhi dan menjalankan program yang telah disusupi virus komputer, maka virus tersebut akan segera menempati memori dan mencari data tentang software, program maupun file -file yang ada di komputer kita.
  • Jika sudah menemukan program yang sesuai dengan targetnya. virus akan memodifikasi program tersebut dengan memasukkan kode-kode tertentu. Jika program yang telah diinfeksi tersebut dijalankan, maka virus akan menginfeksi program lainnya dan siklus tersebut berlangsung terus -menerus. Memang tidak semua virus komputer bekerja sama persis seperti itu. Namun kebanyakan virus mempunyai siklus yang demikian. Karena itulah kenapa virus cepat sekali berkembang di komputer kita.
Kriteria dan Kemampuan Dasar Sebuah virus
  • kemampuan untuk mendapatkan informasi
    sebuah virus akan berusaha untuk mendapatkan informasi dari sistem komputer kita. Misalkan saja virus tersebut akan mencari informasi tentang daftar dan letak suatu file, letak partisi dan boot record, ekstensi file, nama file dsb. informasi tersebut nantinya akan digunakan oleh virus tersebut untuk menginfeksi file dan sistem yang ada di komputer kita.
  • kemampuan memeriksa suatu file
    virus akan memeriksa tiap-tiap file, misalkan saja memeriksa apakah suatu file sudah diinfeksi atau belum, jika belum maka file target tersebut akan segera ditulari. Hal ini merupakan kemampuan dasar suatu virus agar dapat menginfeksi dengan lebih cepat dan efisien tanpa harus menginfeksi ulang file-file yang sudah terinfeksi.
  • Kemampuan untuk memanipulasi
    Sebenarnya kegiatan manipulasi yang dilakukan oleh virus tidaklah begitu berbahaya. Namun walau tidak berbahaya, namun manipulasi yang dilakukan oleh virus ini bs jadi sangat mengganggu.
Alasan Pembuatan Virus
  • Digunakan sebagai objek penelitian
    dalam sebuah wawancara online. Dark Avenger, seorang pembuat virus dari Bulgaria mengatakan "Saya membuat virus komputer karena saya penah mendengar adanya virus komputer dan ingin mengetahui tentang hal tersebut, tetapi tidak ada orang di sekitar saya yang bisa menerangkannya. Sehingga saya memutuskan untuk membuatnya sendiri. Saya memasukkan kode-kode di dalamnya yang dapat merusak data. Saya minta maaf akan hal tersebut. Saya memulainya pada September 1988."
  • Tidak mau kalah dengan pihak pembuat Antivirus
    ada pula yang mengatakan bahwa dengan semakin berkembangnya teknologi antivirus, maka akan semakin membuat sang pembuat virus termotivasi untuk membuat virus yang lebih "ganas" dan lebih baik lagi. Ia tidak mau dianggap "kalah" dan menyerah dengan teknologi antivirus terbaru.
  • Kurangnya lapangan pekerjaan bagi Programmer otodidak.
    ada banyak sekali programmer handal dan pintar namun masih kurang beruntung karena tidak tertampung di perusahaan-perusahaan IT. Sebagian besar karena programmer tersebut memperoleh pengetahuannya dari otodidak, padahal hampir semua perusahaan IT membutuhkan gelar akademis sebagai syarat pekerjaan di tempat mereka. Seorang pembuat virus mengatakan "Saya membuat virus karena tidak tahu hal lain yang perlu saya buat dengan kemampuan pemrograman saya."
  • Banyaknya celah keamanan pada OS maupun Program-program yang lain
    Banyaknya celah keamanan yang terdapat dalam operating system maupun software-software tertentu dapat membuat seseorang tergoda membuat virus dengan memanfaatkan celah tersebut sebagai media penyebaran maupun infeksinya
  • Ingin terkenal dan dikenal
    Banyak virus yang menampilkan teks dan gambar dengan harapan agar pembuatnya dan virusnya dapat terkenal di seluruh dunia. Awalnya virus ini tidak bertujuan merusak. Contoh virus jenis ini yang dibuat oleh orang indonesia adalah DenZuk dan UFO. Kelompok-kelompok tersebut selalu bersaing untuk menciptakan virus-virus baru yang lebih hebat, kuat, tidak terdeteksi antivirus serta menyebar dengan cepat. Kelompok pembuat antivirus yang saat ini sangat terkenal adalah :CodeBreakers, Genesis (Inggris), Nuke, Viper (Amerika), TridenT (Belanda).
  • Mencuri dan merusak data
    ada banyak sekali virus yang dibuat dengan sengaja untuk merusak data seseorang. Ada virus yang bisa memformat hardisk sampai lebih dari 2 kali untuk benar-benar menghilangkan data pemilik komputer. Banyak pula virus yang dibuat untuk mencuri data seseorang. Misalkan yang sedang marak adalah virus yang dibuat untuk mencuri password dan data-data lainnya dengan cara mengupload data-data tersebut ke komputer pembuat virus. lainnya.
  • Dendam dan kecewa
    masih ingat dengan virus halo dan virus cinta yang pernah menghebohkan indonesia beberapa tahun yang lalu?virus tersebut berisi teks yang pada intinya menuliskan kekecewaan si pembuat virus terhadap wanita (pacarnya) karena suatu hal. Ini adalah bentuk ekspresi kekecewaan dan dendam si pembuat virus terhadap seseorang.
Siklus Hidup Virus
Siklus hidup virus secara umum, melalui 4 tahap:
  • Dormant phase ( Fase Istirahat/Tidur )
    Pada fase ini virus tidaklah aktif. Virus akan diaktifkan oleh suatu kondisi tertentu, semisal:tanggal yang ditentukan,kehadiran program lain/dieksekusinya program lain, dsb. Tidak semua virus melalui fase ini
  • Propagation phase ( Fase Penyebaran )
    Pada fase ini virus akan mengkopikan dirinya kepada suatu program atau ke suatu tempat dari media storage (baik hardisk, ram dsb). Setiap program yang terinfeksi akan menjadi hasil "klonning" virus tersebut (tergantung cara virus tersebut menginfeksinya)
  • Trigerring phase ( Fase Aktif )
    Di fase ini virus tersebut akan aktif dan hal ini juga di picu oleh beberapa kondisi seperti pada Dormant phase
  • Execution phase ( Fase Eksekusi )
    Pada Fase inilah virus yang telah aktif tadi akan melakukan fungsinya. Seperti menghapus file, menampilkan pesan-pesan, dsb
Jenis-jenis Virus
  • Virus Makro
    Jenis Virus ini pasti sudah sangat sering kita dengar. Virus ini ditulis dengan bahasa pemrograman dari suatu aplikasi bukan dengan bahasa pemrograman dari suatu Operating System. Virus ini dapat berjalan apabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik, maksudnya jika pada komputer mac dapat menjalankan aplikasi word maka virus ini bekerja pada komputer bersistem operasi Mac.
  • Virus Boot Sector
    Virus Boot sector ini sudah umum sekali menyebar. Virus ini dalam menggandakan dirinya akan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan program booting virus. Sehingga saat terjadi booting maka virus akan di load kememori dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standar
  • Stealth Virus
    Virus ini akan menguasai tabel tabel interupt pada DOS yang sering kita kenal dengan "Interrupt interceptor". virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ataupun ukurannya.
  • Polymorphic Virus
    Virus ini Dirancang buat mengecoh program antivirus,artinya virus ini selalu berusaha agar tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu merubah rubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain.
  • Virus File/Program
    Virus ini menginfeksi file file yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file application (*. EXE), maupun *. COm biasanya juga hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya.
Beberapa Cara Penyebaran Virus
  • Disket, media storage R/W Media penyimpanan eksternal dapat menjadi sasaran empuk bagi virus untuk dijadikan media.
  • Jaringan ( LAN, WAN,dsb)Hubungan antara beberapa computer secara langsung sangat memungkinkan suatu virus ikut berpindah saat terjadi pertukaran/pengeksekusian file/program yang mengandung virus.
  • WWW (internet)Sangat mungkin suatu situs sengaja di tanamkan suatu 'virus' yang akan menginfeksi komputer-komputer yang mengaksesnya.
  • Software yang Freeware, Shareware atau bahkan BajakanBanyak sekali virus yang sengaja di tanamkan dalam suatu program yang di sebarluaskan baik secara gratis, atau trial version yang tentunya sudah tertanam virus didalamnya.
  • Attachment pada Email, transferring fileHampir semua jenis penyebaran virus akhir-akhir ini menggunakan email attachment dikarenakan semua pemakai jasa internet pastilah menggunakan email untuk berkomunikasi, file-file ini sengaja dibuat mencolok/menarik perhatian, bahkan seringkali memiliki ekstensi ganda pada penamaan filenya.
Penanggulangan Virus
    Langkah-Langkah untuk pencegahan :
  • Gunakan Antivirus yang anda percayai dengan updatean terbaru, tdak perduli appun merknya asalkan selalu di update, dan nyalakan Auto protecto Selalu men-scan semua media penyimpanan eksternal yang akan di gunakan, mungkin hal ini agak merepotkan tetapi jika Autoprotect anti virus anda bekerja maka prosedur ini dapat dilewatkan.
  • Jika Anda terhubung langsung ke Internet cobalah untuk mengkombinasikan Antivirus anda dengan Firewall, Anti spamming, dsb

Langkah-Lagkah Apabila telah Terinfeksi :
  • Deteksi dan tentukan dimanakah kira-kira sumber virus tersebut apakah disket, jaringan, email dsb, jika anda terhubung ke jaringan maka ada baiknya anda mengisolasi computer anda dulu (baik dengan melepas kabel atau mendisable dari control panel)
  • Identifikasi dan klasifikasikan jenis virus apa yang menyerang pc anda, dengan cara: - Gejala yang timbul, misal : pesan, file yang corrupt atau hilang dsb - Scan dengan antivirus anda, jika anda terkena saat Autoprotect berjalan berarti vius definition di computer anda tidak memiliki data virus ini, cobalah update secara manual atau mendownload virus definitionnya untuk anda install. Jika virus tersebut memblok usaha anda untuk mengupdatenya maka, upayakan untuk menggunakan media lain (komputer) dengan antivirus updatean terbaru.
  • Bersihkan, setelah anda berhasil mendeteksi dan mengenalinya maka usahakan segera untuk mencari removal atau cara-cara untuk memusnahkannya di situs -situs yang memberikan informasi perkembangan virus. Hal ini jika antivirus update-an terbaru anda tidak berhasil memusnahkannya.
  • Langkah terburuk, jika semua hal diatas tidak berhasil adalah memformat ulang komputer anda.

  • Nah, itu tadi penjelasan dari saya. Kiranya dapat membantu rekan-rekan sekalian dalam memahami apa itu virus komputer. Terima kasih

    Post a Comment